Senin, 12 November 2012

Tulisan 5 : Keindahan



Dalam hal keindahan banyak aspek – aspek yang terdapat didalamnya, sampai hal itu menjadi sesuatu yang indah, dan bisa disebut keindahan. Keindahan bisa dibilang enak dilihat / dipandang, terlihat nyaman, memiliki sesuatu yang berseni, dan bersih. Dan banyak lagi yang termasuk dalam suatu keutuhan keindahan.
Dengan keindahan, dapat membuat perasaan dan pemikiran kita terasa nyaman, dan banyak ide” yang akan muncul karenanya. Dalam membuat sesuatu menjadi indah memang mudah kelihatannya, tapi ada saja hal – hal yang membuat suatu keindahan menjadi hilang. Padahal hidup dalam keindahan itu adalah suatu hal yang pasti diinginkan setiap orang.

Keindahan berasal dari kata indah yang berarti bagus, cantik, elok. Keindahan identik dengan kebenaran segala yang indah itu selalu mengandung kebenaran. Walaupun kelihatanya indah tapi tidak mengandung kebenaran maka hal itu pada prinsipnya tidak indah. Keindahan yang bersipat universal, yaitu keindahan yang tak terikat oleh selera perorangan, waktu, tempat atau daerah tertentu. Ia bersipat menyeluruh


Sangat luas untuk menerangkan arti dari keindahan, karna hal itu sendiri memiliki makna yang mungkin tidak terbatas untuk dijelaskan.


Pengalaman “keindahan” sering melibatkan penafsiran beberapa entitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteraman emosional. Karena ini adalah pengalaman subyektif, sering dikatakan bahwa beauty is in the eye of the beholder atau “keindahan itu berada pada mata yang melihatnya.


 SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar