Sabtu, 03 November 2012

1.1. IlMU SOSIAL DASAR SEBAGAI SALAH SATU MATA KULIAH DASAR NEGARA ( MKDN)

A.    PENGERTIAN
Ilmu Sosial Dasar sebagai bagian dari Materi Kuliah Dasar Negara adalah hubungan  timbal balik antara manusia dengan lingkungan, dimana manusia harus mencapai sesuatu keberhasilan yg di dukung oleh lingkungan sekitar. Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, seperti masalah-masalah yang berada di lingkungan sekitar,dengan menggunakan teori-teori yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan  keahlian dalam ilmu sosial seperti :
§  Sejarah
§  Ekonomi
§  Geografi
§  Sosiologi
§  Antropologi
§  Psikologi

Ilmu sosial dasar merupakan sesuatu yang di harapkan untuk memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar dan Ilmu Sosial Dasar harus menggunakan metode kuantitatif. Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu dasar yang dipadukan dan bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena ISD tidak mempunyai metode ilmiah tersendiri.

Ilmu Sosial Dasar juga merupakan aspek-aspek yang paling dasar yang ada di dalam kehidupan manusia,contohnya : penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya yg harus di tingkatkan, agar kepekaan mahasiswa menjadi besar dalam lingungan sosialnya.

B.     TUJUAN
Membantu perkembangan sosial dengan memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan dan masalah-masalah yang ada didalam masyarakat, serta sikap dan tingkah laku manusia didalam menghadapi suatu masalah dengan manusia yang lain secara timbal balik.

C.     RUANG LINGKUP DAN POKOK BAHASAN
A.    Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar :
1.    Kenyataan-kenyataan dan masalah-masalah yang ada didalam masyarakat yang terlibat dalam berbagai kenyataan sosial.
2.      Mempunyai aspek-aspek yang mendukung dalam kehidupan manusia sebagai makhluk  sosial.

B.     Pokok Bahasan Ilmu Sosial Dasar :
1.       Masalah kependudukan;
2.       Masalah individu, keluarga dan masyarakat;
3.       Pertentangan-pertentangan sosial;
4.       Masalah hubungan anatar warganegara;
5.       Pembangunan dan perubahan sosial;
6.       Penggunaan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat;
7.       Pemanfaatan ilmu pengetahuan didalam lingkungan masyarakat;
8.       Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.


0 komentar:

Posting Komentar